Sekam, Dedak, dan Bekatul?

masih banyak peternak yang berangapan bahwa dedak dan bekatul adalah produk yang sama, yang berasal dari proses penggilingan sekam padi. dan masih banyak masyarakat di daerah, menganggap bahwa bakatul dan dedak merupakan produk penggilingan dari sekam padi.

Kita beranggapan bahwa saat gabah digiling, maka akan menghasilkan beras sebagai produk utamanya, lalu sekam yang merupakan kulitnya sebagai produk sampingannya. Lalu saat sekam tersebut digiling kembali untuk dihaluskan maka akan menghasilkan bekatul dan dedak. Yaitu hasil penggilingan yang kasar dinakan dedak, sedangkan yang lebih halus dinamakan bekatul.

Tetapi yang sebenarnya terjadi, yaitu ketiganya bukan merupakan satu bentuk hasil turunan, tetapi masing-masing produk tersebut merupakan produk tersendiri, yaitu berasal dari proses pelepasan beras dengan kulit pembungkusnya. Jadi ketiganya merupakan lapisan pembungkus beras yang tersendiri dan tidak ada hubungannya satu dengan yang lain.

Gabah padi memiliki tiga lapisan kulit yang membungkus beras. Yaitu yang paling luar, yang memiliki bentuk keras dan tajam, kita menyebutnya sekam. Selanjutnya pada lapisan pembungkus yang kedua adalah dedak, dan yang terakhir adalah bekatul. Jadi, selama proses penggilingan ketiganya akan dipisahkan satu persatu, sehingga ketiganya menjadi produk yang memang benar-benar berbeda.

Biasanya karena sekam terlalu keras dan tajam, maka sekam tidak dapat dijadikan sebagai pakan ternak, dan biasanya hanya dijadikan sebagai alas lantai kandang. Sedangkan dedak meskipun teksturnya kasar, tetapi masih bisa dijadikan sebagai pakan hewan ternak, khususnya unggas, sapi, dan kambing.

Sedangkan bekatul, menurut beberapa artikel lain yang ada, ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan hewan ternak. Bahkan sudah banyak cerita dari para peternak, yang mengatakan bahwa hewan ternak mereka pada saat diberi pakan bakatul, ternyata nafsu makannya lebih lahap, bila dibandingkan saat diberi makan dedak.

Urutannya:
– dedak
– bekatul dan kebi
– sparator

Salam

Leave a Reply